Jum`at, 03 Mei 2024

INFORMASI :

Website Resmi Desa Srati | Berbagai informasi mengenai Desa Srati dan informasi lainnya bisa anda dapatkan di sini | Selalu pantau dan ikuti website resmi Desa Srati | Informasi dan Pelayanan secara langsung dapat dilayani di Kantor Balai Desa Srati | Jalan Logending - Karangbolong Km. 07 Desa Srati RT. 002 / RW. 001 - Kecamatan Ayah - Kabupaten Kebumen - Provinsi Jawa Tengah. JANGAN LUPA JAGA KESEHATAN UNTUK KUALITAS HIDUP YANG LEBIH BAIK!

Desa Srati Lestarikan Tradisi Sya'banan 2024

Desa Srati Lestarikan Tradisi Sya'banan 2024

Bulan Sya'ban merupakan bulan kedelapan pada kalender Hijriah atau kalender Islam. Umat Muslim diseluruh dunia menganggap bahwa bulan ini bulan yang penuh suka cita. Karenanya pada bulan ini banyak wilayah - wilayah di indonesia memiliki tradisi yang dilakukan di bulan tersebut. Desa Srati Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen juga memili tradisi yang dijalankan setiap bulan Sya'ban.

Pada hari Senin, 26 Maret 2024, Pemerintah Desa Srati mengadakan kegitan Sya'banan bersama masyarakat Desa Srati. Pada kegiatan ini Pemerintah Desa Srati menyembelih seekor kambing untuk dimasak dan dibagikan kepada masyarakat yang hadir dalam acara tersebut. Kambing disembelih waktu pagi dan dimasak menjadi masakan santan atau dalam bahasa setempat disebut becek dibagikan saat acara kenduri dengan masyarakat.

Acara kenduri dimulai siang di Balai Kemasyarakatan Desa Srati yang dihariri oleh ketua RT dan masyarakat umum Desa Srati. Dalam acara kenduri setiap masyarakat yang hadir membawa tempat nasi dan berbagai jenis lauk serta tempat untuk menerima becek santan kambing yang di berikan oleh Pemerintah Desa Srati. Selain itu, dalam acara kenduri ini diadakan acara do'a bersama yang di pimpin oleh Kyai Saefudin.

Terakhir, adalah acara makan bersama dengan saling berbagi dan bertukar menu makanan yang telah dibawa sebelumnya.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Sejarah Desa

Statistik Pengunjung