Jum`at, 17 Mei 2024

INFORMASI :

Website Resmi Desa Srati | Berbagai informasi mengenai Desa Srati dan informasi lainnya bisa anda dapatkan di sini | Selalu pantau dan ikuti website resmi Desa Srati | Informasi dan Pelayanan secara langsung dapat dilayani di Kantor Balai Desa Srati | Jalan Logending - Karangbolong Km. 07 Desa Srati RT. 002 / RW. 001 - Kecamatan Ayah - Kabupaten Kebumen - Provinsi Jawa Tengah. JANGAN LUPA JAGA KESEHATAN UNTUK KUALITAS HIDUP YANG LEBIH BAIK!

Adat Suranan (Sura/Muharram) Selalu Dilestarikan Di Desa Srati

Adat Suranan (Sura/Muharram) Selalu Dilestarikan Di Desa Srati

Desa Srati memiliki salah satu adat atau kebiasaan masyarakat yaitu Suranan. Suranan berarti memeriahkan acara di bulan Sura atau dalam Islam bulan Muharram. Acara tersebut untuk menyambut tahun baru Islam dengan penuh sukacita.

Adat Suranan di Desa Srati sudah ada sejak jaman dulu. Dimulai dari awal pemerintahan Lurah Pertama Desa Srati sampai sekarang tetap dilestarikan. Adat Suranan dilakukan di Balai Desa Srati dengan melibatkan masyarakat Desa Srati.

Biasanya, acara dimulai dari penyembelihan seekor kambing kemudian diolah bersama-sama. Setelahnya, daging kambing dimasak bersama dan dimakan bersama. Masyarakat juga membawa berbagai macam makanan yang sudah diolah di rumah. Dulu, masyarakat membawanya dengan cara dipikul menggunakan tenong. Sekarang acara sudah disederhanakan lagi, tidak harus dipikul dan tidak harus menggunakan tenong. Sebelum makan, dilakukan do'a bersama untuk keselamatan dalam satu tahun kedepan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai tradisi Suranan di Desa Srati dapat menghubungi kontak di website resmi Desa Srati.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Sejarah Desa

Statistik Pengunjung